Perbedaan Batu Akik Bacan Doko, Obi dan Palamea


Seperti yang kita tahu saat ini, fenomena batu akik semakin menjadi pusat perbincangan. Dengan ditemukannya lebih banyak lagi jenis batu akik membuat banyak orang pecinta batu akik semakin gencar untuk mencari dan menemukan batu akik yang ramai diperbincangkan ini. Pada beberapa bulan terakhir ini, batu akik yang ramai diperbincangkan adalah batu akik bacan.

Batu akik bacan sendiri ada beberapa jenisnya. Ada batu akik bacan doko, batu akik bacan obi dan batu akik bacan palamea. Sampai saat ini masih banyak yang kurang tahu perbedaan diantara ketiga jenis batu akik ini. Nah, sehubungan dengan hal tersebut mari kita simak berikut ini informasinya tentang  Perbedaan Batu Akik Bacan Doko, Obi dan Palamea.

Batu Akik Bacan Doko

Batu akik bacan doko ini merupakan sebuah batu akik yang ditemukan di Doko, Halmahera Maluku Utara. Karena ditemukan di Doko maka batu akik bacan ini dinamakan sebagai batu akik Doko sesuai nama daerah ditemukannya batu akik bacan doko. Batu bacan doko memiliki warna hijau yang cenderung agak tua atau agak gelap namun jika disenter warnanya dapat menjadi hijau terang karena berbenturan dengan cahaya senter. Bacan doko lebih mudah berubah warna. Biasanya hanya membutuhkan waktu 4 bulan saja batu akik bacan doko sudah berubah warna. Semakin cerah warna yang dimiliki oleh batu akik bacan doko maka akan semakin mahal pula harganya.

Batu Akik Bacan Obi

Batu akik bacan yang satu ini juga dinamakan sesuai dengan nama ditemukannya batu akik bacan obi ini. Ya, batu akik bacan obi ditemukan di Obi Maluku Utara sehingga disebut dengan batu akik bacan obi. Batu akik bacan obi ini termasuk jenis batu akik yang tidak mudah berubah warna walaupun disimpan dalam waktu yang cukup lama dan batu ini yang paling menjadi incaran para kolektor batu akik.

Batu Akik Bacan Palamea

Batu akik bacan Palamea juga diberi nama Palamea sesuai nama daerah ditemukannya batu akik ini yakni di desa Palamea kecamatan Barat, Halmahera Maluku Utara. Batu akik bacan palamea ini memiliki warna hijau kebiruan. Proses kristalisasi batu akik bacan Palamea lebih lama jika dibandingkan dengan proses kristalisasi batu akik bacan doko. Batu akik ini juga menjadi incaran banyak pemburu batu akik sama seperti batu akik bacan doko dan palamea yang juga menjadi incaran.

Itulah perbedaan yang dapat kita identifikasi dengan mata telanjang untuk mengetahui batu akik bacan doko, palamea atau obi. Semoga informasi kali ini tentang  Perbedaan Batu Akik Bacan Doko, Obi dan Palamea semakin menambah wawasan kita.

Post a Comment

Copyright © 2021

Berita Umum