Lima Cara Membedakan Batu Akik Black Opal Kalimaya Asli Atau Palsu


Batu akik yang saat ini tengah menjadi tren memang hangat – hangatnya dijadikan bahan perbincangan. Perbincangan demi perbincangan tentang batu akik tentu terasa sangat memanjakan telinga pendengarnya dengan segudang keunggulan dan khasiat yang dimilikinya bagi mereka yang memang mencintai batu akik ini. Jenis batu akik yang saat ini sedang hangat – hangatnya menjadi perbincangan adalah batu akik black opal kalimaya. Batu akik black opal sendiri merupakan salah satu jenis batu akik yang memiliki tingkat kekerasan cenderung lunak. Tingkat kekerasan dari batu akik black opal kalimaya ini hanya sekitar 5,5 sampai dengan 6,5 mohs saja. Jika kita perhitungkan dari segi unsur pembentuknya, hampir 10% dari batu akik black opal kalimaya merupakan air. Dengan struktur dan tingkat kekerasan yang berbeda ini membuat batu akik black opal juga memiliki cara perawatan yang berbeda – beda pula. Black opal kalimaya yang saat ini tengah menjadi incaran adalah berasal dari Banten. Batu akik black opal kalimaya ini memiliki latar belakang hitam dan motif kembang jarong warna – warni yang nampak sangat kontras. Batu akik black opal kalimaya ini semakin terlihat unik dan menarik ketika terkena paparan sinar karena mengeluarkan pendar cahaya warna – warni yang sangat mengagumkan.

Seiring dengan banyaknya peminat dari batu akik black opal kalimaya tentu semakin banyak pula praktek penjualan yang curang seperti yang diketahui akhir – akhir ini karena itu ketika membeli batu akik kita harus selektif dan mengetahui keasliannya. Untuk mengetahui batu akik black opal kalimaya asli atau tidak, mari kita bahas berikut ini tentang Lima Cara Membedakan Batu Akik Black Opal Kalimaya Asli Atau Palsu diantaranya :

1.         Batu akik kalimaya tahan dengan proses pembakaran walaupun tergolong batu akik yang cenderung lunak.

2.         Batu akik black opal kalimaya yang asli akan tahan atau kalis terhadap bahan kimia seperti cat. Untuk mengetes keasliannya kita dapat menyemprotkan cat terhadap batu akik black opal kalimaya, jika cat tidak menempel pada batu maka batu akik ini memang asli.

3.         Tak ada batu yang tidak memiliki serat dan terlihat benar – benar halus. Setiap batu pasti memiliki serat yang alamiah.

4.         Berat jenis batu berbeda dengan berat kaca atau plastik karena berat batu sebanding dengan besar batu itu sendiri.

5.         Cek kadar kandungan mineral pada batu supaya kita tahu secara benar dan gamblang tanpa keraguan tentang keaslian dari batu akik black opal kalimaya ini.

Lima Cara Membedakan Batu Akik Black Opal Kalimaya Asli Atau Palsu dapat anda terapkan dalam rangka mengetahui dan mengecek kadar keaslian sebuah batu. Semoga informasi dan pembahasan kali ini bermanfaat.

 

Post a Comment

Copyright © 2021

Berita Umum