Jenis dan Ciri – Ciri Batu Akik Kalsedon Asli


Tren batu akik semakin lama semakin menuju puncaknya. Sampai saat ini masih banyak orang yang berbondong – bondong untuk dapat memiliki aneka ragam batu akik yang indah dan memanjakan hati pecintanya. Salah satu jenis batu akik yang saat ini tengah menjadi tren dan banyak diincar banyak orang adalah batu akik kalsedon.

Pada awal mulanya batu akik kalsedon ini tidak mudah kita temukan di negara Indonesia karena memang berasal dari luar yakni dari wilayah Yunani.  Namun saat ini kita sudah tidak perlu repot – repot pergi ke Yunani untuk mendapatkan batu akik kalsedon karena di Indonesia sudah ada daerah yang memiliki batu akik kalsedon. Daerah yang memiliki batu akik kalsedon diantaranya adalah Pacitan, Sulawesi Tenggara serta Jawa Barat. Batu akik kalsedon sendiri memiliki jenis dan corak yang tidak begitu banyak. Ciri – ciri yang paling menonjol dari batu akik kalsedon ini adalah memiliki warna kelam di bagian tengahnya dan pada bagian pinggiran batu tampak seperti kabut. Nah, selain ciri – ciri tersebut ada ciri – ciri lain yang membedakan antara batu akik kalsedon yang asli dengan yang palsu. Untuk lebih jelasnya mengenai Jenis dan Ciri – Ciri Batu Akik Kalsedon Asli, mari kita simak uraian di bawah ini.

Jenis batu akik kalsedon tidak terlalu banyak akan tetapi warna batu akik kalsedon ada banyak sekali yang dapat kita jadikan pilihan. Mulai dari warna batu akik kalsedon yang warnanya kuning, merah, hijau, ataupun putih dapat kita temukan. Mengenai ciri – ciri dari batu akik kalsedon sendiri jika kita lihat dari serat dan motifnya, tentu setiap batu memiliki perbedaan karena setiap batu memiliki karakter yang tidaklah sama. Namun secara umum ciri – ciri dari batu akik kalsedon adalah sebagai berikut diantaranya :

1.         Memiliki guratan seperti awan

Batu akik kalsedon yang paling umum ditemui memiliki bagian pinggiran yang bentuknya menyerupai awan biasanya berwarna putih. Ini dapat menjadi salah satu ciri dari batu akik kalsedon.

2.         Warna cerah kelam di bagian tengahnya

Warna batu akik kalsedon pada bagian tengahnya adalah memiliki warna cerah kelam. Apapun warnanya entah merah, kuning, hijau atau sejenisnya pasti memiliki warna tengah yang cerah kelam.

3.         Beratnya berbanding lurus

Batu akik kalsedon yang asli tentunya memiliki berat yang sebanding dengan ukuran atau besarnya batu akik kalsedon itu sendiri.

Itulah Jenis dan Ciri – Ciri Batu Akik Kalsedon Asli yang dapat kita jadikan sebagai acuan pembeda. Semoga informasi kali ini dapat menjadi acuan kita agar semakin selektif dalam memilih batu akik kalsedon dan mampu membedakannya.

Post a Comment

Copyright © 2021

Berita Umum