Ciri – Ciri Batu Akik Black Opal Kalimaya


Batu akik saat ini memang sedang hangat menjadi buruan banyak orang karena sedang menjadi tren. Perbincangan – perbincangan tentang batu akik tentu terasa sangat memanjakan telinga pendengarnya dengan segudang keunggulan dan khasiat yang dimilikinya. Salah satu jenis batu akik yang saat ini sedang hangat – hangatnya diperbincangkan adalah batu akik black opal. Batu akik black opal sendiri merupakan batu akik yang memiliki tingkat kekerasan cenderung lunak karena tingkat kekerasannya hanya sekitar 5,5 sampai dengan 6,5 mohs saja. Dari berat keseluruhan batu akik black opal ini hampir sekitar 10%nya adalah kandungan air. Dengan struktur dan tingkat kekerasan yang berbeda ini membuat batu akik black opal juga memiliki cara perawatan yang berbeda – beda pula.

Black opal yang diincar saat ini adalah black opal kalimaya yang berasal dari Banten dengan latar belakang hitam dan motif kembang jarong warna – warni yang nampak sangat kontras. Batu akik black opal kalimaya ini semakin terlihat unik dan menarik ketika terkena paparan sinar karena mengeluarkan pendar cahaya warna – warni yang sangat mengagumkan. Adapun Ciri – Ciri Batu Akik Black Opal Kalimaya diantaranya :

1.         Background black opal kalimaya adalah berwarna hitam dengan motif color play yang beragam warna.

2.         Batu black opal kalimaya walaupun memiliki skala mohs 5,5 sampai dengan 6,5 namun tetap tidak lembek dan tidak rapuh ketika digores. Tentunya hal ini berbeda dengan sesuatu yang terbuat dari kaca yang mudah rapuh jika terkena goresan.

3.         Opal kalimaya yang berkualitas bagus adalah yang memiliki warna komplit dan mengeluarkan warna berkilau atau jarong seperti sebuah berlian.

4.         Memiliki serat batu halus serta memiliki juga pori – pori yang tidak terlihat di bagian permukaannya.

5.         Ada dua macam kriteria dari batu akik black opal kalimaya ini diantaranya yaitu ada yang tampak tembus cahaya ketika batu ini disinari dengan senter dan ada pula yang solid dan tak tembus senter.

6.         Jika black opal kalimaya ini digores dengan amplas, maka residu dari black opal tidak berwarna hitam lagi.

7.         Batu akik black opal kalimaya yang bagus permukaannya akan tampak mengkilap seperti keramik jika dibentuk.

8.         Jika sedang dilakukan proses pengamplasan, batu akik kalimaya black opal ini memiliki aroma residu yang khas.

Bagi anda pecinta batu akik tentunya mengenali ciri – ciri batu akik sangat kita perlukan. Semoga apa yang kita bahas kali ini sehubungan dengan Ciri – Ciri Batu Akik Black Opal Kalimaya menjadi informasi yang bermanfaat.

 

 

Post a Comment

Copyright © 2021

Berita Umum