Teori-teori pembelajaran

Belakangan ini, muncullah permasalahan dalam dunia pendidikan yang begitu marak. Apakah anda pernah berpikir mengapa permasalahan itu muncul? Nah, mari kita kaji terlebih dahulu mengapa permasalahan itu muncul sebelum masuk ke kajian mengenai Teori-teori pembelajaran. Permasalahan tersebut muncul karena tuntutan di dunia pendidikan semakin meningkat. Hal tersebut seiring dengan perkembangan jaman. Jaman yang semakin berkembang ke arah modern tersebut membawa konsekuensi tentang bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan manusia. Nah, karena tuntutan begitu banyak, sehingga metode pembelajaran pun akan sangat bervariatif. Hal tersebut sejalan dengan kebutuhan pendidikan yang sedang berkembang ini. Lalu, berbagai macam teori-teori pembelajaran tersebut muncul. Nah, anda sebagai guru yang profesional hendaknya tahu mengenai berbagai macam teori tersebut. Bukankah begitu?

Teori-teori pembelajaran tersebut bisanya diadopsi dari buku-buku terjemahan. Ada berbagai macam buku yang dapat anda baca untuk menambah pengetahuan anda. Membeli buku-buku tersebut adalah sebuah investasi bagi anda. Mengeluarkan sedikit uang untuk membeli buku tidak akan mengurangi kantong anda yang begitu besar bukan? Nah, anda bisa melihat berbagai macam judul buku yang sangat bervariasi tersebut. Buku tersebut dapat dibeli di beberapa toko buku di kota anda. Lalu anda dapat menemukan ide-ide yang terkandung dalam bacaan tersebut.  Salah satu teori yang saat ini populer adalah teori tentang Portofolio. Apakah anda pernah mendengar tentang hal ini? Disini, siswa anda ditugaskan untuk membuat beberapa karya yang akan dikumpulkan menjadi satu. Lalu anda dapat mengoreksinya di akhir semester. Selain itu, anda harus menyesuaikan berbagai macam teori tersebut dengan materi yang akan anda ajarkan. Materi tersebut akan menjadi dasar bagi anda untuk menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan apa yang akan anda sampaikan.

Nah, metode tersebut dapat anda ambil dari Teori-teori pembelajaran yang telah anda baca. Sebagai guru yang baik, anda harus dapat mengujur tingkat kemampuan siswa sesuatu dengan apa yang anda ajarkan. Bila siswa anda terlalu lemah cara berpikirnya, anda harus menyesuaikan dengan metode yang akan anda gunakan. Selain itu juga perlu kelembutan dalam berbicara agar siswa tidak terlalu takut dengan sosok guru.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Penilaian pembelajaran