Rancangan Pembelajaran yang Efektif

Suatu kegiatan pembelajaran yang baik membutuhkan sebuah kesatuan yang utuh antara elemen-elemen yang terlibat di dalamnya. Kita tidak bisa mengandalkan berlangsungnya kegiatan pembelajaran pada ketersediaan media dan sarana prasarana pembelajaran saja, atau pada kemampuan dan tingkat intelegensi yang dimiliki oleh peserta didik saja atau bukan hanya mengandalkan pada kemampuan yang dimiliki oleh seorang tenaga pendidiknya saja. Tetapi lebih dari itu sebuah kegiatan pembelajaran akan dapat berjalan dengan baik jika setiap elemen yang terkait dengan kegiatan pembelajaran tersebut dapat memiliki porsi yang tepat untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif. Karena itulah penting untuk membuat sebuah rancangan pembelajaran yang baik dan tepat agar pembelajaran yang akan terjadi lebih baik.

Berikut di bawah ini saya menuliskan tentang berbagai manfaat yang diperoleh dari sebuah rancangan pembelajaran yang baik.

  1. Rancangan pembelajaran ini pertama berfungsi untuk menentukan target atau tujuan dari sebuah kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain rancangan pembelajaran ini merupakan sebuah gambaran yang tersusun mengenai mau dibawa ke mana nantinya kegiatan pembelajaran tersebut.
  2. Seperti yang saya sebutkan di awal bahwasanya rancangan pembelajaran ini penting untuk membagi porsi yang sesuai antara elemen-elemen yang terkait degan kegiatan pembelajaran. Seperti contohnya adalah setiap tenaga pendidik harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuknya memberikan materi pelajaran kepada para peserta didik secara langsung, kapan waktu yang tepat untuk memberikan materi pembelajaran  untuk peserta didik melalui media pembelajaran dan kapan pula harus memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Dengannya, jika setiap elemen ini memiliki porsi yang tepat maka pembelajaran pun akan dapat berlangsung dengan efektif.
  3. Sebagai dasar evaluasi pembelajaran. Dengan rancangan pembelajaran yang matang seorang tenaga pendidik akan dapat dengan mudah melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Misalkan saja tenaga pendidik dapat melakukan kegiatan evaluasi harian, mingguan ataupun bulanan dan lain-lain.  Dengan hal tersebut maka akan memudahkan bagi para tenaga pendidik untuk menentukan langkah apa yang harusnya mereka lakukan pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda terkait dengan pentingnya rancangan pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Semoga Bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Penilaian pembelajaran