Model Pembelajaran CTL

Tahukah anda tentang beberapa model pembelajaran yang sedang berkembang dewasa ini? Ada beberapa model pembelajaran di era modern ini yang sesuai untuk semua level pendidikan. Salah satunya adalah Cotextual teaching and learning atau yang lebih dikenal dengan model pembelajaran CTL.  Metode ini dikembangkan oleh negara0negara maju untuk menghasilkan peserta didik yang lebih berkompeten dalam bidang tertentu. Anda dapat mengambil contoh pada pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam model ini, peserta didik diajak untuk mengamati sesuatu yang ada di sekitar mereka. Lalu mengambil nilai atau intisari tentang hasil pengamatan mereka. Namun anda harus menggaris bawahi bahwa pembelajaran ini harus sesuai dengan konteks. Misalnya, dalam materi bargaining, siswa harus benar-benar tahu bagaimana menawar sesuatu terlebih dahulu. Kemudian, ia akan mengaplikasikannya ke dalam bahasa Inggris. Terlebih dahulu, mereka harus paham tentang materi tersebut dalam bahasa Indonesia.

Ada berbagai macam buku-buku tentang model pembelajaran CTL. Anda dapat membacanya di sela-sela waktu anda seusai mengajar. Ingat bahwa buku-buku tersebut kebanyakan adalah hasil dari buku adopsi. Jadi anda perlu menginterpretasi arti dari buku tersebut ke dalam pemahaman anda sendiri. Setelah membaca buku, anda diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran anda. Siswa-siswa anda akan sangat tertarik sekali dengan model pembelajaran anda. Diharapkan, hasil pembelajaran akan maksimal bila metode ini diterapkan dalam pembelajaran. Lalu anda harus bereksplorasi dengan suasana kelas sehingga pembelajaran menjadi nyaman. Dalam proses ini, anda harus berusaha menggali potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa sehingga mereka dapat mengetahui dimana bakat mereka berada. Seandainya ada mengalami kesulitan, anda dapat berkonsultasi dengan teman sejawat. Model pembelajaran ini lebih menekankan kepada konteks. Jadi, anda harus peka terhadap situasi yang sedang anda hadapi di lingkungan anda. Bila anda sudah berhasil menggunakan metode ini, anda dapat dikatakan sebagai guru yang sukses dalam pembelajaran. Selanjutnya, siswa-siswa anda yang harus bereksplorasi sendiri di dunia yang lebih luas.
Berbagai media dalam pembelajaran memang sangat beragam untuk diterapkan, namun para guru harus dapat memilih mana media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran yang saat itu sedang dilakukan.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Penilaian pembelajaran