Media pembelajaran matematika

Apakah anda seorang guru matematika? Ataukah anda suka mengajar berhitung tapi anda tidak punya sertifikat sebagai sarjana pendidikan matematika? Tidak apa-apa. Apapun tingkat pendidikan anda, mengajar berhitung itu wajib untuk anda. Kalau anda tidak mengajar untuk murid anda, minimal anda bisa mengajar untuk anak, adik, keponakan, atau bahkan tetangga anda. Nah, dalam pengajaran matematika ini, perlu adanya sebuah media pembelajaran matematika. Apakah itu? Pernahkah anda mendengar sebelumnya? Tentu saja sudah ya. Nah, berikut ini ada beberapa media pembelajaran matematika yang akan membantu anda untuk mengajar berhitung. Salah satu media yang sangat sederhana adalah jari. Anda dapat menggunakan media itu untuk menghitung penambahan dan pengurangan dengan angka yang relatif kecil. Tentu saja, itu hanya berlaku untuk anak kecil saja yang dalam masa mengenal matematika.  Penambahan dan pengurangan dapat disampaikan dengan sangat mudah. Anda tinggal melipat jari anda sesuai angka yang anda inginkan. Bukankah ini sangat mudah?

Untuk Media pembelajaran matematika yang lebih kompleks dengan menggunakan jari, anda dapat belajar tentang jaritmatika. Ada teknik khusus tentang pembelajaran matematika berdasarkan materi perkalian dan pembagian. Tentu saja anda harus melatih kemampuan jaritmatika dan terlebih dahulu sebelum mengajarkan kepada anak didik anda. Selain itu, anda juga mengambil media-media pembelajaran yang lain yang lebih simple untuk pembelajaran anak SD. Namun anda perlu membatasi angka yang akan anda ajarkan. Untuk pembelajaran usia dini, sebaiknya jangan mengambil sampel angka yang terlalu banyak dulu. Anda dapat mengambil bilangan kecil sehingga anak dapat mengambil intisari tentang teknik penghitungan bilangan. Lalu, anda dapat memberikan latihan soal sesuai dengan tingkat pembelajaran dan materinya. Untuk mengetahui beberapa media pembelajaran yang lain, anda dapat mempelajari lewat buku. Ada berbagai macam buku yang dapat digunakan untuk pegangan mengajarkan matematika kepada anak. Buku-buku tersebut dapat dibeli di toko-toko buku terdekat, sehingga anda dapat dengan mudah mempelajarinya di waktu senggang anda.

Media pembelajaran matematika harus menggunakan cara yang asik dan menyenangkan, agar siswa dapat mengerti tentang rumus yang diajarkan atau materi yang mudah dihafalkan.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Model Pembelajaran CTL