Media Pembelajaran Interaktif

Dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sebuah sekolah, agar dapat berjalan dengan baik dan lancar serta efektif maka sangat diperlukan porsi yang seimbang antara elemen-elemen yang terkait. Elemen-elemen tersebut di antaranya adalah tenaga pendidik, peserta didik dan alat atau perangkat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Alat tersebut bukan hanya berupa benda saja tetapi juga terkait dengan model dan strategi pembelajaran yang akan dipakai oleh seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Penyampaian tersebut jika dapat dilakukan dengan baik oleh tenaga pendidik maka akan semakin memudahkan bagi para peserta didik untuk menguasai materi yang diajarkan. Nah salah satu upayanya untuk memudahkan pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Satu di antaranya akan kita bahas pada uraian berikut ini yaitu tentang media pembelajaran interaktif yang tentunya akan sangat menarik untuk kita perbincangkan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang media pembelajaran interaktif maka yang pertama kali akan kita bahas  di sini adalah tentang apa itu pembelajaran interaktif? Pembelajaran interaktif merupakan sebuah model pembelajaran yang menggabungkan antara metode konvensional dan pembelajaran aktif. Pembelajaran interaktif ini menekankan kepada para peserta didik dan juga tenaga pendidik untuk sama-sama aktif selama kegiatan pembelajaran.

Media pembelajaran interaktif hampir serupa dengan media pembelajaran yang lain namun di sini lebih ditekankan agar ada interaksi antara tenaga pendidik dan peserta didik. Media pembelajaran interaktif yang pertama yang dapat digunakan oleh seorang tenaga pendidik adalah menggunakan media tanya jawab. Seorang tenaga pendidik dapat membuka sesi tanya jawab kepada para peserta didik untuk memancing reaksi para peserta didik tersebut. Sesi tanya jawab tersebut bisa terletak di awal perjumpaan, di tengah penyampaian materi pembelajaran maupun di akhir pelajaran tergantung dari bagaimana seorang tenaga pendidik mampu membaca situasi.

Seorang tenaga pendidik dapat juga menggunakan media sharing. Jadi di sini misalkan serang tenaga pendidik dapat memberikan instruksi kepada peserta didik untuk menceritakan hal menarik yang dialaminya. Dengan hal seperti ini maka peserta didik dan tenaga pendidik akan dapat sama-sama aktif dalam pembelajaran yang berlangsung.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Model Pembelajaran CTL