Macam-macam Model Pembelajaran

Dewasa ini berbagai macam perkembangan teknologi yang terjadi di dunia telah banyak mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia yang semakin kompleks. Berbagai perangkat teknologi yang dihasilkan setiap harinya oleh para ilmuwan terus membuat pengaruh yang besar pada berbagai aktivitas yang kita lakukan. Salah satu di antaranya adalah mengenai kegiatan belajar mengajar. Dalam sebuah kegiatan belajar mengajar di era yang modern ini tentunya membutuhkan sebuah pemikiran yang berbeda mengenai tata cara penyampaian materi dari para tenaga pendidik kepada para peserta didiknya  dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran ini sangat penting, karena tanpa model pembelajaran yang baik maka proses kegiatan pembelajaran akan mustahil dapat diikuti oleh para peserta didik dengan baik. Karena itulah maka di sini saya akan memberikan kepada anda tentang beberapa ulasan mengenai berbagai macam model pembelajaran yang tentunya akan sangat menarik untuk anda perhatikan.


  1. Model pembelajaran yang pertama akan kita bahas di sini  adalah tentang model pembelajaran konvensional. Pembelajaran konvensioal ini merupakan sebuah model pembelajaran paling umum dan paling banyak kita temui diterapkan di sekolah. Model pembelajaran seperti ini memberikan tugas kepada seorang tenaga pendidik untuk aktif dalam menyampaikan materi pelajaran kepada para peserta didik secara langsung.
  2. Yang kedua ada model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif ini ialah sebuah model pembelajaran efektif yang menekankan para tenaga pendidik untuk memberikan tugas-tugas kepada para peserta didiknya yang bertujuan untuk mengembangkan kepekaan sosial para peserta didik melalui tugas kelompok yang diberikan. Dengan sering kali bekerja sama dengan orang lain melalui kelompoknya maka para peserta didik akan lebih perhatian tentang apa yang ada di sekitarnya. Dan hal ini sangat baik untuk era modern yang banyak orang mulai bersikap individual.
  3. Selanjutnya seorang tenaga pendidik juga dapat menggunakan model pembelajaran interaktif. Model pembelajaran ini merupakan sebuah solusi untuk melengkapi model pembelajaran konvensional. Dengan model pembelajaran ini seorang tenaga pendidik bukan hanya aktif menyampaikan materi pelajaran kepada para peserta didik saja  tetapi juga memancing reaksi dari para peserta didik terkait materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan, semoga memberi manfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Penilaian pembelajaran