Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran yang Baik

Strategi pembelajaran merupakan sebuah hal yang sangat penting kehadirannya dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi kepada para peserta didik yang dimilikinya mutlak harus memiliki strategi pembelajaran yang baik agar mereka dapat menyampaikan materi pelajaran tersebut dengan baik dan efektif. Ada banyak macam dari strategi pembelajaran ini yang tentunya masing-masing strategi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut di bawah ini saya akan memberikan sedikit gambaran kepada anda tentang kelebihan dan kekurangan dari strategi pembelajaran yang banyak digunakan saat ini dan menurut pengamatan saya ini di bawah ini merupakan jenis-jenis strategi pembelajaran yang baik untuk diterapkan pada sebuah kegiatan pembelajaran. Simak ulasan berikut ini dengan seksama.


  1. Strategi pembelajaran Ceramah. Ini merupakan sebuah strategi pembelajaran yang paling umum digunakan yakni penyampaian materi pelajaran secara langsung dari tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Kelebihannya, para peserta didik dapat langsung terfokus pada apa yang disampaikan oleh tenaga pendidik. Namun kelemahannya para peserta didik memiliki peranan yang pasif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  2. Strategi pembelajaran interaktif. Strategi pembelajaran ini merupakan strategi pembelajaran yang merupakan pengembangan dari strategi pembelajaran aktif. Memiliki kelebihan utama dari segi keseimbangan peran antara peserta didik dan tenaga pendidik yang sama-sama dituntut untuk aktif selama kegiatan pembelajaran. Namun kelemahannya tergantung pada kemampuan seorang tenaga pendidik dalam mengolah kelas, jika tenaga pendidik kurang dapat menguasai kelas maka kegiatan pembelajaran yang terjadi justru akan sangat tidak efektif.
  3. Strategi pembelajaran Observasi. Strategi pembelajaran ini sangat pas untuk dikembangkan pada peserta didik untuk menumbuhkan minatnya dalam melakukan pengamatan dan penelitian terikat apa yang ada di lingkungan pembelajaran. Kelebihannya selain akan membuat peserta didik lebih aktif juga memungkinkan bagi mereka untuk belajar lebih kreatif. Kelemahannya terletak pada waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran seperti ini membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dari strategi pembelajaran yang lainnya sehingga banyak tenaga pendidik yang enggan mengajak para peserta didiknya untuk melakukan kegiatan observasi tersebut.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda tentang berbagai jenis strategi pembelajaran yang banyak digunakan saat ini beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekian, semoga memberi manfaat untuk anda.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Penilaian pembelajaran