Model Pembelajaran Tematik

Pembelajaran jika diartikan secara umum adalah sebuah pengembangan pengetahuan , keterampilan atau sikap yang baru dimana seseorang individu nantinya akan mampu untuk berinteraksi dengan sebuah informasi dari lingkungan. Sedangkan untuk pembelajaran tematik sendiri memiliki sebuah arti yaitu sebuah implementasi dari adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pembelajaran tematik ini nantinya akan menunjuk pada sebuah landasan filosofis, psikologis dan juga yuridis.

Dalam melakukan pembelajaran memang hal yang paling diutamakan yaitu bagaimana tema yang memang nantinya akan mampu memperkaya adanya pembendaharaan bahasa anak didik dan nantinya akan membuat adanya pembelajaran akan lebih bermakna dan juga baik. Jadi untuk pengertian lebih panjang lagi adalah yaitu pembelajaran tematik adalah proses tematik yang mana memang menggunakan sebuah tema untuk pemersatu materi yang nantinya terdapat dalam beberapa mata pelajaran yang nantinya akan diberikan untuk setiap kali dalam satu pertemuan.

Pembelajaran tematik memang nantinya akan mampu untuk membuat para anak didik semakin termotivasi untuk melakukan pembelajaran dan nantinya akan mampu memberikan sebuah pemikiran yang sangat kreatif dengan menggunakan sebuah tema yang bagus. Pembelajaran tematik ini nantinya akan mampu memberikan sebuah hal yang bermakna serta pengalaman-pengalaman baru bagi para siwa karena siswa akan mengetahui bagaimana konsep dasar yang tepat dari materi yang sedang diajarkan. Tema-tema yang digunakan untuk melakukan pembelajaran tematik ini nantinya akan senantiasa memberikan penekanan yang sangat baik dan yang pasti konsep belajar yang dimiliki para siswa akan tertera dengan jelas dan juga baik.

Dengan tema maka pembelajaran akan baik dan yang pasti tema tersebut harus dikembangkan lagi dengan baik. Tema-tema yang digunakan nantinya diharapkan mampu untuk :

  1. Para peserta didik mampu untuk memusatkan perhatian pada tema yang akan diajarkan
  2. Peserta didik akan mampu memahami adanya dasar yang nantinya akan dikembangkan dari Kompetensi dasar yang ada.
  3. Para siswa nantinya akan memahami materi pembelajaran dan pembelajaran yang sangat berkesan.
  4. Peserta didik nantinya akan lebih mudah untuk mendapatkan manfaat dalam proses belajar ini.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Penilaian pembelajaran