Metode Pembelajaran PAI

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk diberikan. Namun terkadang banyak guru atau pembimbing yang mengaku kesulitan dalam memberikan metode pembelajaran agar anak didiknya merasa nyaman dan juga senang. Hal yang paling diinginkan dalam setiap pembelajaran adalah tentu saja anak didik yang diberi materi akan mampu menerima dan mengerti tentang apa yang kita terangkan. Metode memiliki sebuah arti yaitu cara atau jalan menuju ke. Sehingga metode pembelajaran adalah sebuah cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan menggunakan bantuan sebuah materi yang telah ada, dengan cara menerangkan dan mengajarkan kepada setiap orang agar nantinya mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan atau direncanakan.

Berikut ini adalah metode-metode pembelajaran PAI :


  1. Dengan menggunakan metode ceramah. Dimana metode ini nantinya akan mampu menyajikan sebuah penjelasan secara lisan mengenai materi yang sedang dibahas dan nantinya akan dilakukan beberapa metode tambahan yang akan membuat anak didik merasa tak jenuh untuk mengikuti pembelajaran ini seperti adanya diskusi, hafalan atau sekedar tanya jawab seputar materi yang disampaikan.
  2. Dengan menggunakan metode diskusi. Metode ini nantinya otomatis akan membuat anak didik menjadi lebih mengerti tentang pokok materi yang sedang dibahas, karena memang mau tidak mau anak didik nantinya akan disuruh untuk menyajikan sebuah materi yang sudah mereka mengerti.
  3. Metode mengingat, dimana metode ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu pokok utama dalam proses pembelajaran. Dimana anak didik nantinya akan disuruh untuk mengulang pembelajaran atau materi yang sebelumnya sehingga nantinya mereka akan terus ingat dengan apa yang diajarkan oleh guru atau pembimbing.
  4. Menggunakan metode Problem Solving, dimana cara ini nantinya akan membuat anak didik lebih leluasa dalam bertanya tentang kesulitan dari materi yang diberikan.
  5. Metode Demonstrasi, dimana para guru atau pembimbing nantinya akan melakukan pembelajaran sambil mempraktekkan hal tersebut.
  6. Dengan menggunakan metode learning by doing
  7. Dengan menggunakan metode studi kasus
  8. Metode Eksperimen, dimana langkah ini nantinya akan banyak membuat para anak didik senang karena melakukan percobaan tertentu.
  9. Metode Drill yaitu latihan keterampilan
  10. Tanya jawab.


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Model Pembelajaran CTL