Efektivitas Pembelajaran

Efektivitas memiliki sebuah arti yaitu suatu usaha untuk dapat mencapai adanya sebuah sasaran yang nantinya akan ditetapkan sesuai dengan kebutuhan yang akan diperlukan, sesuai dengan rencana yang dilakukan dan yang pasti dalam penggunaan data, sarana maupun adanya waktu tang digunakan baik secara fisik maupun non fisik untuk dapat memperoleh adanya hasil yang sangat maksimal dan juga baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Sebenarnya banyak sekali pengertian yang kita dapatkan dari berbagai ahli yang mengemukakan adanya arti dari efektivitas. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, Efektivitas memiliki sebuah arti dimana sesuatu yang memiliki sebuah pengaruh atau sebuah akibat yang akan ditimbulkan, manjur, nantinya akan membawa sebuah hasil dan merupakan sebuah keberhasilan dari suatu usaha tindakan dalam hal ini memang efektivitas akan mampu untuk menempuh adanya tujuan yang telah dicanangkan.
Efektivitas pembelajaran sebenarnya juga memiliki beberapa kriteria yang sangat baik namun sebelum membahas hal itu lebih baiknya membahas mengenai arti singkat dari efektivitas metode pembelajaran yang merupakan suatu ukuran yang nantinya akan berhubungan dengan tingkat keberhasilan dengan suatu proses pembelajaran.

Kriteria keefektifan antara lain adalah :

  1. Adanya ketuntasan belajar, model pembelajaran nantinya akan dikatakan efektif jika nantinya nilai yang ada sekurang-kurangnya adalah dengan nilai =60.
  2. Model pembelajaran ini nantinya akan dikatakan efektif jika nantinya hal ini akan mampu untuk meningkatkan nilai atau hasil belajar dari siswa tersebut.
  3. Model belajar juga akan bisa dikatakan efektif jika nantinya mampu untuk meningkatkan minat dan juga motivasi dari siswa untuk terus belajar dan belajar.


Efektivitas Pembelajaran juga memiliki beberapa ciri-ciri antara lain adalah :

  1. Akan mampu untuk memberikan sebuah pengalaman belajar yang baik dan juga sangat atraktif, yang mana nantinya  akan mampu untuk menunjang adanya pencapaian tujuan yang baik.
  2. Akan mampu untuk membawa anak didik pada posisi yang baik dan mampu mencapai sebuah tujuan yang sangat baik.
  3. Memiliki sebuah sarana prasarana yang nantinya akan mampu menunjang sebuah proses belajar mengajar.


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Model Pembelajaran CTL