Obat Tradisional Diabetes Melitus

Obat tradisional diabetes melitus yang banyak dibicarakan dan sudah terbukti manfaatnya adalah dari daun sirsak dan juga kulit manggis, mungkin banyak orang telah mengetahui akan hal ini. Tapi sebelumnya sudah tahukah apa itu penyakit diabetes? Penyakit diabetes atau lebih sering disebut sebagai penyakit kencing manis ini pada dasarnya sebuah penyakit yang mana kondisi kadar glukosa dalam darah sangat tinggi sehingga tubuh tidak bisa melepaskan hormon insulin secara adekulat. Jadi hormon insulin tersebut dilepaskan oleh pankreas dan berfungsi sebagai zat utama yang bertanggung jawab untuk menjaga kadar gula dalam tubuh.

Obat Tradisional Untuk Penyakit Kencing Manis

Meskipun ada banyak metode pengobatan yang bisa dilakukan seperti dengan berobat ke dokter, akan tetapi cara-cara alami nampaknya masih lebih diminati karena selain lebih aman juga tidak akan memberikan efek samping. Jadi seperti yang dibahas di atas, kita bisa menggunakan bahan alami sebagai obat tradisional diabetes melitus yaitu dari daun sirsak dan juga kulit manggis. Adapun untuk khasiat dan cara pengolahannya bisa anda simak lebih lanjut seperti berikut ini.

• Obat dari bahan daun sirsak
Jadi daun sirsak ini dipercaya bisa menurunkan maupun menjaga kadar gula dengan batasan yang normal. Adapun batasan tersebut bervariasi antara 70 mg/dl sampai dengan 120 mg/dl. Di samping itu daun sirsak juga mengandung senyawa penting seperti lemak, fruktosa, kalsium, protein, zat besi, fosfor, vitamin A dan B serta mengandung senyawa golongan tanin, asetogenin, fitosteril dan alkaloida. Dengan banyaknya kandungan seperti di atas, maka tidak heran jika obat dari bahan daun sirsak bisa kita andalkan. Untuk pengolahannya sendiri cukup mudah, kita tinggal memblender 5 lembar daun sirsak dengan 50 cc air hangat, kemudian setelah hancur merata pindahkan ke wadah yang memiliki penutup rapat dan tambahkan lagi segelas air hangat sembari diaduk merata. Jadi fungsi dari tutup wadah yang rapat tadi agar panas air tetap terjaga serta proses ekstraksi senyawa bisa lebih maksimal. Setelah 15 menit air tersebut bisa langsung diminum selagi masih hangat.

• Obat dari bahan kulit manggis
Peran dari kulit manggis di sini bisa mengurangi resistensi insulin pada seseorang yang menderita diabetes melitus. Falvonoid dan Xanthone yang ada di dalam kulit manggis memiliki sifat antioksidan, jadi antioksidan tersebut bisa melindungi dan juga bisa mencegah sel beta pankreas yang rusak akibat dari serangan radikal bebas. Kemudian sel tersebut dapat pulih sehingga bisa memproduksi hormon insulin kembali yang cukup untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Di samping itu sebagai senyawa antioksidan, kulit manggis juga bermanfaat sebagai anti radang, anti kanker maupun anti bakteri. Jadi seperti yang dijelaskan itulah kulit manggis memang sangat bermanfaat untuk mengurangi resistensi insulin penyebab diabetes melitus. Adapun untuk pengolahannya yaitu dengan mengambil bagian kulit dalam yang berwarna merah pada kulit manggis, kemudian kulit tadi diblender dan untuk menambahkan rasa bisa ditambahkan madu ataupun alpukat secukupnya. Setelah diblender merata maka bisa langsung diminum layaknya jus.



Jadi demikianlah obat tradisional yang bahannya bisa anda dapatkan dengan mudah serta terbukti berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes. Bagi anda yang menderita penyakit tersebut maka tidak ada salahnya anda mencobanya untuk membuktikan sendiri khasiatnya sebagai obat tradisional diabetes melitus.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Penilaian pembelajaran