Kenali Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 Sejak Dini

Diabetes melitus tipe 2 merupakan sebuah kondisi yang ditengarai dengan adanya gangguan fungsi insulin. Hormon insulin ini adalah hormon yang bisa mengatur kadar glukosa serta sebagai sumber energi yang sangat berguna untuk tubuh. Jadi apabila tubuh kita tidak bisa memproduksi hormon insulin, maka glukosa tidak bisa masuk pada sel serta akan tetap berada pada aliran darah yang berakibat diabetes.

Gejala Penyakit Diabetes Tipe 2
Beberapa gejala yang bisa kita rasakan apabila kita mendapati penyakit ini pada diri kita maka rasa haus akan meningkat, badan akan mudah lelah dan berat badan akan turun serta akan sering buang air kecil. Jadi diabetes tipe 2 ini sering ditemukan pada mereka yang mempunyai berat badan berlebih karena kadar lemak yang cukup tinggi, khususnya di bagian perut yang mana sering menyebabkan tubuh menjadi resisten karena efek dari insulin. Oleh sebab itu, berbeda dengan diabetes tipe 1 yang mana masih bisa dikendalikan dengan injeksi insulin pada tubuh dengan teratur, sementara untuk penderita diabetes melitus tipe 2 umumnya tidak memerlukan injeksi insulin lagi tapi harus dengan menurunkan berat badan mereka sendiri guna memperbaiki resistensi insulin.

Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2
Memang, penyakit yang satu ini pada umumnya akan menyerang kalangan dewasa berbeda dengan diabetes tipe 1 yang justru kebanyakan dialami oleh anak maupun remaja. Lantas apa saja faktor penyebabnya? Untuk lebih jelasnya simak penyebabnya berikut ini.

• Faktor turunan atau genetik
Banyak orang yang menderita diabetes tipe 2 juga mempunyai keluarga yang mengidap penyakit ini ataupun memiliki masalah kesehatan yang masih berhubungan dengan diabetes. Contohnya saja seperti darah tinggi, obesitas ataupun hipertensi. Untuk faktor genetik memang agak sulit dihilangkan, jadi yang dapat kita lakukan yaitu melakukan pencegahan yang salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat.

• Faktor lingkungan sekitar
Faktor yang satu ini juga sangat mempengaruhi serta berpotensial untuk mengarahkan kita terkena penyakit diabetes tipe 2. Misalnya saja seperti pola makan maupun pola hidup yang buruk. Biasanya banyak orang mengonsumsi makanan berlemak serta memiliki kalori yang tinggi dan ini tentu bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Sementara untuk pola hidup yang buruk yaitu seperti mengalami tekanan kejiwaan seperti stres berat maupun rasa khawatir berlebihan juga bisa menjadi faktor pemicu diabetes.

Jadi itulah sekilas penjelasan mengenai diabetes tipe 2 yang perlu anda ketahui, degan begitu maka anda bisa lebih waspada dan sadar betapa pentingnya menerapkan hidup sehat setiap harinya agar terhindar dari penyakit diabetes melitus tipe 2.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Penilaian pembelajaran