Belajar Dari Permainan Masak

Permainan masak memang merupakan permainan yang paling sering dimainkan oleh anak wanita. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan anak laki-laki juga turut ikut serta dalam permainan tersebut. Secara umum permainan memasak ini kerap dilakukan anak-anak dengan menggunakan peralatan dan juga bahan sederhana yang terdapat di sekitar kita. Misalnya saja ranting-ranting kecil digunakan sebagai lauk-pauk, dedaunan digunakan sebagai soup maupun berbagai makanan lezat lainnya. Dengan permainan memasak sederhana tersebut tentunya anak-anak akan mendapatkan kegembiraan, belajar menirukan ibu sedang memasak, mengembangkan imajinasi maupun belajar untuk memainkan peran.

Menyaring Pelajaran Permainan Masak
Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer, permainan memasak tidak lagi dilakukan secara manual melainkan langsung menghadirkan permainan di ruang-ruang virtual. Jadi kita tidak perlu menyediakan peralatan maupun tempat serta berbagai bahan makanan. Dengan hanya duduk di depan komputer kita sudah bisa bermain masak-masakan seperti menghidangkan spageti, pizza, salad, maupun aneka puding. Adapun permainan masak yang banyak tersedia seperti Diner Dash, Burger Shop dan Pizza Freenzy. Jadi beberapa macam permainan tersebut memang sudah disesuaikan dengan kemampuan anak-anak. Hal yang perlu kita ketahui dari permainan masak di komputer tersebut, selain bisa membuat anak menjadi senang juga dapat membuat anak menjadi :

Belajar berkreasi untuk memasak maupun menghias suatu makanan yang akan dihidangkan
Belajar berbisnis, karena kebanyakan permainan tersebut berlokasi di sebuah restoran
Belajar mengenal peralatan masak
Belajar berbahasa inggris, karena kebanyakan permainan tersebut dikemas dalam bahasa inggris
Belajar mengenal teknologi (teknologi komputer)

Akan tetapi karena model permainan memasak tersebut dimainkan sendiri maka seorang anak tentunya tidak memperoleh pelajaran bersosialisasi. Untuk itu, sebagai orang tua tidak ada salahnya untuk mencoba mengajak anak belajar memasak langsung di dapur dengan tetap mengawasinya. Kalau bisa sesuaikan pekerjaan yang mereka lakukan aman dan tidak membahayakannya, seperti memilah sayuran, mencuci sayuran, mengocok telur ataupun memipihkan adonan. Jadi pekerjaan tersebut di rasa masih bisa dikerjakan oleh anak-anak tanpa harus membahayakannya. Selain itu dengan permainan memasak tersebut, maka ada beberapa manfaat yang bisa di dapatkan seperti :
Anak belajar untuk mengenal jenis-jenis makanan
Anak belajar untuk bekerja sama dalam menghadirkan makanan yang lezat
Bisa menambah nafsu makan anak
Membuat anak lebih menyukai kegiatan seperti memasak



Dengan mengetahui banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari permainan memasak, maka sebagai orang tua hendaknya tidak melarang anaknya bermain permainan yang sangat kreatif seperti itu. Asalkan permainan tersebut tidak dilakukan secara menerus yang dapat menyita waktu lainnya. Jadi itulah beberapa hal yang bisa didapatkan oleh seorang anak dari permainan masak.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Pembelajaran IPA SD

Model Pembelajaran CTL